Insomnia Lover ?

      Lo semua pernah gak ngerasain yang namanya ngantuk tapi gak bisa tidur ? Lo ngerasa mata lo udah sepet, lebih sepet daripada mangga muda, terus lo coba berkali-kali meremin mata lo tapi tetep aja lo bakal melek lagi ? Nah terus, pernah gak lo coba tempel mata lo pake lakban coklat/lakban item biar mata lo merem terus gak bisa melek lagi ? (lah mati dong ?!) AMIT-AMIT !!!
      Gue yakin lo semua pernah ngalamin fenomena hidup kayak gitu. Apa sih rasanya disaat mata udah gak mampu bertahan tapi tetep aja hal lain maksa kita buat bertahan melek ? Gak enak banget, pasti ! Nah berdasarkan riset yang gue punya, ada 5 penyebab utama kita jadi "Insomnia Lover"  .

         1) Tugas numpuk, dikejar deadline.
              Sebagai anak muda yang menyandang status "Pelajar" , yang namanya tugas, ulangan, pr, blablabla itu udah gak bisa dihindari lagi. Hampir setiap hari otak kita penuh sama yang namanya mikirin tugas, sampe-sampe pacar sendiri gak dipikirin *eh! *punya pacar juga enggak*
Nah, tugas ini nih yang bikin kita melek sepanjang hari ! Bayangin aja kalo tugas itu harus dikerjain dalam satu malem, mending kalo dikit, nah ini tugasnya seabrek-abrek ! Jujur aja sih, gue pernah punya niat mau ngedemo guru/dosen gue yang suka kasih tugas gak kira-kira, tapi demi pencitraan gue sebagai pelajar yang baik hati, unyu, murah senyum, rajin serta pandai menabung, gue batalin tuh semua niat gue :( dan pada akhirnya, gue harus ngalah juga sama tugas-tugas ini, arrrghh !!!
           
        2)  Hobi bobo siang masih terpelihara dengan baik.
               Gak bisa dipungkiri juga sih, bobo siang itu ngaruh sama siklus bobo kita diwaktu malem. "Semakin lama waktu kita untuk tidur siang, semakin sulit juga kita memejam diwaktu malam" - Fufu, Jomblo, 18 tahun. Kalo kita kelamaan bobo siang, pasti susah buat si mata merem diwaktu malem. Gak percaya ? Coba aja sendiri !

        3)  Galau/Dilema/Gundah Gulana/dsb.
                Galau itu apa sih ? Jenis makanan apa ? Rasanya gimana ? Bentuknya bulet apa kotak ? Nah gue rasa semua pertanyaan ini bakal ditanyain sama jomblo akut alias sang "forever alone" . Taun 2013 gak tau galau? Cian bet cih kamu ...
                  " Galau/Dilema/Gundah Gulana adalah suatu keadaan dimana hati terasa sulit untuk menerima kenyataan dan otak terasa sulit untuk berfikir jernih" - Dra.Fufu, Pakar Cinta, 18 tahun. Galau itu bisa dibilang penyebab insomnia paling berpengaruh, terutama dikalangan anak muda. Bayangin aja nih, kalo orang udah galau akut, dia pasti bakal nangis/linglung terus sepanjang hari dan gak bakal mikirin waktu istirahat. Padahal istirahat penting buat si penggalau, apalagi bobo malem. Nah sekarang gimana dia bisa bobo malem kalo galau mulu tiap detik tiap menit tiap jam ? Fix, he/she will be Insomnia Lover .

        4)  Bencana kelaparan akut melanda tengah malam.
              Pernah kan ngerasain laper tengah malem sampe gak bisa tidur ? Kalo masalah satu ini susah banget buat dihindari soalnya laper itu bisa dateng kapan aja sesuka hatinya (agak sejenis sama PHP) . Nah disaat laper melanda tengah malem, banyak problem yang bakal bermunculan buat ngatasin itu. Pertama, makan/ngemil dimalam hari itu bisa bikin kadar lemak dalam tubuh bertambah alias bikin gendut. Kedua, stok makanan di lemari/kulkas habis tiada sisa. Dan yang ketiga, takut buat ngambil makanan di dapur yang sepi, gelap, hening, hiiiiiyyyy .... Nah ketiga alasan inilah yang membuat si penderita akhirnya memutuskan buat nahan rasa lapernya, dan berujung pada susah tidur alias Insomnia ;)

     5) Positif terjangkit HIV (Hasrat Ingin Vivis) atau HIP (Hasrat Ingin Pup) dimalam hari.
               Kebelet pipis/pup tengah malem pasti udah biasa terjadi. Nah masalahnya hampir sama kayak nomor 4 nih ! Insomnia bakal menginfeksi seseorang yang takut buat ke kamar mandi/WC tengah malem dan lebih memilih menahan HIV/HIP-nya sampe keesokkan paginya. Pokoknya motto mereka , "Mending gue nahan pipis/pup daripada ketemu yang aneh-aneh dikamar mandi/WC !!!"

        Nah dari 5 penyebab utama Insomnia diatas, gue bakal kasih solusi nih supaya lo semua gak jadi Insomnia Lover . Pertama, lo harus pinter manage waktu buat ngerjain semua tugas-tugas lo. Gak perlu pake demo segala, gak perlu pake begadang, cukup asah otak lo buat ngerjain tugas mati-matian. Jangan nunda-nunda tugas lo! Kalo emang tugasnya terlalu banyak dan lo udah mau tewas ngerjainnya, coba lo colong-colong waktu sejam buat istirahat abis itu lanjut lagi kerjain tugas :) lo yang tau keadaan fisik lo, jadi ya lo juga yang harus jaga kondisi kesehatan lo ;) Kedua, coba biasain tidur siang dengan waktu seadanya aja. Saran ini buat lo semua yang tidur siangnya bisa sampe 8 jam lebih, coba tidur cukup 2-3 jam aja :) supaya malemnya mata lo bisa memejam sesuai dengan siklus bobo yang semestinya :) Ketiga , isi perut lo dengan makanan atau cemilan 1-2 jam sebelum bobo, ini wujud antisisapi antisipasi menghindari wabah kelaparan ditengah malam. Keempat, pastikan lo udah melakukan ritual pipis/pup lo sebelum bobo, ini penting ! Karena menurut para ahli, menahan pipis/pup itu gak sehat! Dan yang kelima, atur batas kegalauan lo! Galau boleh aja, entah beneran sakit hati atau cuman biar keliatan gaul, yang penting jangan biarkan kegalauan merusak kesehatan dan siklus bobo malem lo! Biarin pacar lo mutusin lo, biarin gebetan lo php-in lo, tapi jangan biarin itu semua ngerusak kesehatan lo! Kesehatan itu penting, lebih penting dari harta apapun di dunia ini.

     "Kalau kita sehat, kita akan selalu siap mencari pasangan baru yang lebih baik diluar sana" - Sebut saja Bunga, 18 tahun.


 So, buat para Ungunyungers sekalian, jangan sampe kita jadi Insomnia Lover yah ;) begadang kalo ada perlunya aja, tapi jangan sering-sering ;) 
Oke sip ?! Salam Ungunyu, cling ! ;;)

Comments

Popular posts from this blog

Always Be My Baby Lyric - Mariah Carey

Diamonds Lyric - Rihanna

Live While We're Young Lyric - One Direction